Wednesday, January 27, 2016

Mengenal tool curves dan fungsinya dipicsay pro

Tool curves ini adalah tool yang dapat dikatakan tool yang palinh sering digunakan oleh para editor-editor foto.
Hanya saja banyak pula yang tidak paham akan fungsi tool ini

Fungsi utama dari Curve adalah untuk menyesuaikan shadow, highlight dan midtone dari sebuah foto. Tampilan awalnya mungkin membingungkan karena hanya berupa garis lurusdiagonal yang membentang dari kiri bawah ke kanan atas.

Baca Juga : cara membuat desain kaos dengan picsay Pro

Ya langsung saja bagi yang ingin memahami tentang tool curves di picsay pro...

mari kita buka aplikasi picsay pronya lalu klik tab adjust makan akan muncul tampilan seperti di gambar berikut

Lalu kita pilis curves dan bisa kita lihat gambar toolnya

Kita bisa lihat titik-titik disetiap sudut kanan dan kiri, yang sudut kanan atas adalah highlight ,sedangkan yang berada di sudut kiri bawah adalah shadow
Untuk lebih jelasnya bisa kita lihat gambar di bawah


Mari kita coba lakukan sedikit perubahan pada bagian shadownya dan yang kita lihat adalah gambar akan terlihat sedikit lebih gelap....

Selanjutnya kita coba lakukan hal yang sama pada highlightnya

Dan gambarpun terlihat lebih terang dari sebelumnya

Dari pemahaman dasar diatas, kita bisa mulai membuat kurva untuk mendapatkan pengaturan yang diinginkan – misalnya, kontras yang dinaikkan seperti ini:



Jadi, ketika nanti kamu mendapatkan foto overexposed atau underexposed yang ingin diperbaiki, kamu sudah tahu bagaimana melakukannya melalui Curve Tool yang serba bisa ini. Kamu juga bisa memanfaatkannya untuk memperbaiki tampilan warna kulit.

Catatan : Semua kurva yang ditampilkan pada artikel ini menggabungkan semua channel warna menjadi satu : Red, Green, Blue (RGB) untuk melakukan perbaikan pada semua warna di seluruh bagian foto. Pada artikel selanjutnya, kitaakan lihat bagaimana memisahkan tiga channel ini dalam Curve Tool untuk mendapatkan efek lanjutan sperti menaikkan/menurunkan temperatur warna, mendapatkan tampilan vintage, dan sebagainya.

Terima kasih semoga bermanfaat

Related Posts

Mengenal tool curves dan fungsinya dipicsay pro
4/ 5
Oleh